Apa itu Unity 3D?
Unity Engine adalah sebuah platform pengembangan perangkat lunak (game
engine) yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan berbagai jenis aplikasi
interaktif, termasuk game, simulasi, animasi, dan aplikasi realitas
virtual/augmented reality. Unity memungkinkan para pengembang untuk membuat
konten interaktif secara visual dengan antarmuka pengguna yang intuitif. Unity 3D sendiri memiliki produk yang berbayar atau pun free (sesuai ketentuan) Plans and Pricing
Adapun beberapa pengaplikasiana dari Unity 3D diantaranya seperti :
1. Pengembangan Game Multiplatform: Unity
memungkinkan pengembangan game yang dapat dijalankan di berbagai platform,
termasuk PC, konsol, ponsel, tablet, web, dan VR/AR.
2. Grafis dan Animasi: Unity
menyediakan alat dan sistem untuk membuat grafis yang menarik dan animasi yang
mulus.
3. Fisika dan Simulasi: Memiliki
sistem fisika yang kuat untuk memberikan realisme pada simulasi dan interaksi
antar objek.
4. Pengelolaan Asset: Unity
memiliki sistem pengelolaan asset yang memungkinkan pengelolaan gambar, suara,
model 3D, dan komponen lainnya.
5. Pengembangan dengan Bahasa C#: Unity
menggunakan bahasa pemrograman C# yang kuat dan umum digunakan untuk
mengembangkan game.
6. UI (Antarmuka Pengguna): Memungkinkan
pembuatan antarmuka pengguna yang responsif untuk interaksi dengan pemain.
Salah satu Aplikasi Virtual Reality yang sangat
sering digunakan dalam bermain yaitu Beat Saber, yang pembuatannya menggunakan
perangkat lunak Unity Engine 3D.
Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran dasar Unity 3D, yaitu Layout.
Layout di Unity merujuk pada cara menyusun
elemen-elemen dalam game Anda sehingga mereka
terlihat dan berfungsi dengan
baik di berbagai ukuran layar dan resolusi. Biasanya juga disebut UI
atau "User Interface" yang mengatur
interaksi antaramuka Pengguna.
Komponen Unity 3D
Beberapa komponen dasar yang harus dipelajari dalam membuat aplikasi di Unity 3D yaitu :
1. Canvas
Canvas digunakan
sebagai pengaturan dasar untuk tata letak UI atau induk dari semua komponen UI
yang ada di Unity. Komponen UI akan menambahkan Canvas secara otomatis saat
menambahkan
komponen UI di Hierarchy.
Ada beberapa Mode
Render yang ada di Canvas yatitu: Mode render World Space, Screen Space -
Overlay, Screen Space - Camera.
a.
World Space :
Dalam mode ini,
elemen UI dianggap sebagai objek di dalam dunia 3D. Mereka memiliki
posisi,
rotasi, dan skala seperti objek 3D biasa. Mode ini berguna ketika Anda ingin
elemen UI
berinteraksi dengan objek dan dunia 3D, misalnya, untuk menunjukkan
informasi atas objek
tertentu dalam dunia 3D. Sebagai Contoh: UI
yang sering digunakan Game 3D maupun VR
gambar : unity 3D
b. Screen Space - Overlay:
Elemen UI ditempatkan
di atas layar dan tidak terpengaruh oleh tata letak atau elemen 3D
lainnya di
dunia permainan. Mode ini sering digunakan untuk elemen UI yang tidak perlu
terlibat dalam interaksi dengan dunia 3D, seperti tombol, teks, atau elemen antarmuka
pengguna
lainnya. Sebagai Contoh: Tombol "Mulai
Permainan" atau skor yang ditampilkan di sudut layar.
c. Screen Space -
Camera:
Mirip dengan Screen
Space - Overlay, namun elemen-elemen UI akan terikat pada kamera. Ini
berarti
bahwa elemen UI akan bergerak bersama dengan kamera. Mode ini berguna ketika
Anda
ingin elemen UI tetap terlihat pada layar selama kamera bergerak.
Sebagai Contoh: HUD
seperti indikator kecepatan dalam game balapan.
2. Panel
Panel merupakan kotak yang
dapat berisi elemen UI lainnya. biasanya digunakan untuk
mengelompokkan elemen
UI. Panel dapat juga dijadikan sebagai backgound elemen UI yang dapat
berupa
warna solid ataupun image.
3. Text
Text adalah elemen yang menampilkan
teks di layar. Text dapat mengatur font, warna, ukuran,
dll. Text juga dapat
menampilkan nilai keluaran dari variable tipe data yang ada.
gambar : unity 3D
4. Image
Image berfungsi untuk menampilkan
gambar di layar. Untuk menampilkan gambar pada
image, anda perlu mengatur
sprite atau warna latar belakang pada gambar agar sesuai dengan
inputan pada
elemen Image.
5. Button
Button merupakan gambaran
elemen tombol yang dapat menanggapi interaksi klik dari user
atau pengguna.
6. Input Field
Input field adalah sebuah
inputan teks yang Memungkinkan pengguna untuk memasukkan
teks baik berupa
komentar, nilai dan lain – lain.
GameObject
GameObject adalah
elemen dasar yang digunakan untuk membangun dunia virtual dalam game di
Unity.
Mereka dapat merepresentasikan karakter, objek, efek, dan lainnya. Setiap
gamobject memiliki
nilai transform yang dapat ada ubah posisi, rotasi, skala
dengan mudah pada transform komponen.
GameObject juga
memiliki komponen seperti collider, Mesh renderer, script dan lain – lain yang
bisa
anda tambahkan dengan meng- Add Component pada kolom Inspector masing –
masing gameobject.
Rigidbody
Rigidbody adalah komponen yang memungkinkan
objek untuk berpartisipasi dalam simulasi
fisika di Unity. RigidBody
mempengaruhi bagaimana objek bereaksi terhadap gaya, tumbukan,
dan gravitasi.
Penggunaan Rigidbody:
RigidBody ditambahkan
ke gameObject sebagai massa agar memiliki kekuatan saat akan berinteraksi
antara objek. Ada beberapa sifat fisika yang dimiliki rigidBody, yaitu massa
sebagai pengatur berat,
kemudian ada gravity sebagai pengatur gravitasi dari
objek, serta drag dan angular drag yang
mengatur gesekan udara yang terjadi
pada objek. Untuk berinteraksi
antara objek, rigidBody harus
memiliki collider yang menjadi perantara untuk
melakukan tumbukan atau interaksi fisika.
Collider
Collider adalah
komponen yang digunakan untuk mendefinisikan batas-batas fisik dari objek di
dunia game. Mereka memungkinkan deteksi tumbukan dan interaksi fisika antara
objek.
Jenis-Jenis
Collider:
1. Box Collider
Box collider adalah jaring
hijau yang berbentuk kotak digunakan untuk objek dengan
bentuk sederhana. Penggunaannya
pada objek dengan bentuk kubus atau persegi Panjang
atau menyerupai bentuk box
collider itu sendiri
gambar : unity 3D
2. Sphere Collider
Sphere Collider
merupakan jaring hijau yang berbentuk bola yang cocok untuk objek yang
memiliki
bentuk bulat.
gambar : unity 3D
3.
Capsule Collider
Capsul Collider
adalah jaring hijau berbentuk Gabungan antara kotak dan bola, cocok untuk
objek
seperti karakter atau tubuh manusia. Penggunaannya pada objek dengan bentuk
tubuh
silinder.
gambar : unity 3D
4.
Mesh Collider
Mesh collider adalah
jaring hijau yang menggunakan bentuk mesh dari model 3D untuk
deteksi tumbuk.
Berguna untuk objek dengan bentuk kompleks. Namun perlu diingat
bahwa, bentuk
mesh collider akan kompleks apabila pembuatan 3D juga memiliki struktur
face
yang teratur.
Material
Material adalah
informasi yang mengontrol penampilan visual dari sebuah objek di Unity. Ini termasuk warna, tekstur, dan propertinya.
Komponen
Material:
1.
Albedo
Albedo merupakan warna
daras atau tekstur dasar dari objek
2.
Specular
Specular adalah
intensitas dan warna kilau pada permukaan objek
3.
Normal Map
Normal map
menggambarkan detail permukaan menggunakan tekstur untuk memberikan ilusi
kedalaman
4.
Emission
Emission merupakan
area yang mengatur objek tampak seperti menyala
gambar : unity 3D
Animasi
Animasi dalam
pengembangan game adalah proses membuat objek atau karakter bergerak atau
berubah selama waktu.
Animasi
di Unity:
1. Keyframe Animation adalah
salah satu teknik animasi Menggunakan keyframe untuk mengatur posisi, rotasi,
dan skala objek pada titik-titik waktu tertentu.
Tampilan keyframe (bulatan biru) pada kolom Animation
2. Animator Controller
berfungsi untuk menghubungkan animasi ke tingkat tinggi. Animator controller
dapat menentukan transisi antara animasi berdasarkan kondisi
Tampilan Animator controller yang membuat transisi antara animasi
3. Animator merupakan
pengontrol animasi yang dipasang pad GameObject untuk memanggil animator
controller yang sudah dibuat.
Tampilan animator pada GameObject yang memanggil animator Controller
Comments