Belajar dasar dasar Engine Unity 3D

Apa itu Unity 3D?  

Unity Engine adalah sebuah platform pengembangan perangkat lunak (game engine) yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan berbagai jenis aplikasi interaktif, termasuk game, simulasi, animasi, dan aplikasi realitas virtual/augmented reality. Unity memungkinkan para pengembang untuk membuat konten interaktif secara visual dengan antarmuka pengguna yang intuitif. Unity 3D sendiri memiliki produk yang berbayar atau pun free (sesuai ketentuan) Plans and Pricing

 
 sumber unity
 
 
 
sumber unity


Adapun beberapa pengaplikasiana dari Unity 3D diantaranya seperti :
 

1.     Pengembangan Game Multiplatform: Unity memungkinkan pengembangan game yang dapat dijalankan di berbagai platform, termasuk PC, konsol, ponsel, tablet, web, dan VR/AR.

2.     Grafis dan Animasi: Unity menyediakan alat dan sistem untuk membuat grafis yang menarik dan animasi yang mulus.

3.     Fisika dan Simulasi: Memiliki sistem fisika yang kuat untuk memberikan realisme pada simulasi dan interaksi antar objek.

4.     Pengelolaan Asset: Unity memiliki sistem pengelolaan asset yang memungkinkan pengelolaan gambar, suara, model 3D, dan komponen lainnya.

5.     Pengembangan dengan Bahasa C#: Unity menggunakan bahasa pemrograman C# yang kuat dan umum digunakan untuk mengembangkan game.

6.     UI (Antarmuka Pengguna): Memungkinkan pembuatan antarmuka pengguna yang responsif untuk interaksi dengan pemain.

  Salah satu Aplikasi Virtual Reality yang sangat sering digunakan dalam bermain yaitu Beat Saber, yang pembuatannya menggunakan perangkat lunak Unity Engine 3D. 

sumber : Beat Saber

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran dasar Unity 3D, yaitu Layout.

Layout di Unity merujuk pada cara menyusun elemen-elemen dalam game Anda sehingga mereka

terlihat dan berfungsi dengan baik di berbagai ukuran layar dan resolusi. Biasanya juga disebut UI

atau "User Interface" yang mengatur interaksi antaramuka Pengguna.

 

 Komponen Unity 3D

Beberapa komponen dasar yang harus dipelajari dalam membuat aplikasi di Unity 3D yaitu :

1. Canvas

Canvas digunakan sebagai pengaturan dasar untuk tata letak UI atau induk dari semua komponen UI
yang ada di Unity. Komponen UI akan menambahkan Canvas secara otomatis saat menambahkan
komponen UI di Hierarchy.
Ada beberapa Mode Render yang ada di Canvas yatitu: Mode render World Space, Screen Space - 
Overlay, Screen Space - Camera.
a. World Space :
 Dalam mode ini, elemen UI dianggap sebagai objek di dalam dunia 3D. Mereka memiliki 
posisi, rotasi, dan skala seperti objek 3D biasa. Mode ini berguna ketika Anda ingin elemen UI 
berinteraksi dengan objek dan dunia 3D, misalnya, untuk menunjukkan informasi atas objek 
tertentu dalam dunia 3D. Sebagai Contoh: UI yang sering digunakan Game 3D maupun VR
 
 
gambar : unity 3D

b.  Screen Space - Overlay:
 Elemen UI ditempatkan di atas layar dan tidak terpengaruh oleh tata letak atau elemen 3D 
lainnya di dunia permainan. Mode ini sering digunakan untuk elemen UI yang tidak perlu 
terlibat dalam interaksi dengan dunia 3D, seperti tombol, teks, atau elemen antarmuka pengguna
lainnya. Sebagai Contoh: Tombol "Mulai Permainan" atau skor yang ditampilkan di sudut layar.
 
 
c. Screen Space - Camera:
 Mirip dengan Screen Space - Overlay, namun elemen-elemen UI akan terikat pada kamera. Ini 
berarti bahwa elemen UI akan bergerak bersama dengan kamera. Mode ini berguna ketika Anda 
ingin elemen UI tetap terlihat pada layar selama kamera bergerak.  
Sebagai Contoh: HUD seperti indikator kecepatan dalam game balapan.
 
2. Panel 
Panel merupakan kotak yang dapat berisi elemen UI lainnya. biasanya digunakan untuk 
mengelompokkan elemen UI. Panel dapat juga dijadikan sebagai backgound elemen UI yang dapat 
berupa warna solid ataupun image. 

3.  Text 

Text adalah elemen yang menampilkan teks di layar. Text dapat mengatur font, warna, ukuran,

dll. Text juga dapat menampilkan nilai keluaran dari variable tipe data yang ada.

 

 

gambar : unity 3D 

 

 

4. Image 

Image berfungsi untuk menampilkan gambar di layar. Untuk menampilkan gambar pada 

image, anda perlu mengatur sprite atau warna latar belakang pada gambar agar sesuai dengan

inputan pada elemen Image.

 

5. Button 

Button merupakan gambaran elemen tombol yang dapat menanggapi interaksi klik dari user 

atau pengguna.

 

6. Input Field 

Input field adalah sebuah inputan teks yang Memungkinkan pengguna untuk memasukkan

teks baik berupa komentar, nilai dan lain – lain.

 

 

 GameObject

  

GameObject adalah elemen dasar yang digunakan untuk membangun dunia virtual dalam game di 

Unity. Mereka dapat merepresentasikan karakter, objek, efek, dan lainnya. Setiap gamobject memiliki

nilai transform yang dapat ada ubah posisi, rotasi, skala dengan mudah pada transform komponen.

GameObject juga memiliki komponen seperti collider, Mesh renderer, script dan lain – lain yang bisa

anda tambahkan dengan meng- Add Component pada kolom Inspector masing – masing gameobject.

 

 Rigidbody

 

Rigidbody adalah komponen yang memungkinkan objek untuk berpartisipasi dalam simulasi 

fisika di Unity. RigidBody mempengaruhi bagaimana objek bereaksi terhadap gaya, tumbukan, 

dan gravitasi.

Penggunaan Rigidbody:

RigidBody ditambahkan ke gameObject sebagai massa agar memiliki kekuatan saat akan berinteraksi
antara objek. Ada beberapa sifat fisika yang dimiliki rigidBody, yaitu massa sebagai pengatur berat,
kemudian ada gravity sebagai pengatur gravitasi dari objek, serta drag dan angular drag yang
mengatur gesekan udara yang terjadi pada objek. Untuk berinteraksi antara objek, rigidBody harus 
memiliki collider yang menjadi perantara untuk melakukan tumbukan atau interaksi fisika.

 

 Collider

 Collider adalah komponen yang digunakan untuk mendefinisikan batas-batas fisik dari objek di 

dunia game. Mereka memungkinkan deteksi tumbukan dan interaksi fisika antara objek.

 

  Jenis-Jenis Collider:

1. Box Collider

 Box collider adalah jaring hijau yang berbentuk kotak digunakan untuk objek dengan

bentuk sederhana. Penggunaannya pada objek dengan bentuk kubus atau persegi Panjang

atau menyerupai bentuk box collider itu sendiri

 

 

gambar : unity 3D


 

2. Sphere Collider

Sphere Collider merupakan jaring hijau yang berbentuk bola yang cocok untuk objek yang

memiliki bentuk bulat.

 

 

 gambar : unity 3D

 

3. Capsule Collider

Capsul Collider adalah jaring hijau berbentuk Gabungan antara kotak dan bola, cocok untuk

objek seperti karakter atau tubuh manusia. Penggunaannya pada objek dengan bentuk tubuh

silinder.

 

gambar : unity 3D

 

4. Mesh Collider

Mesh collider adalah jaring hijau yang menggunakan bentuk mesh dari model 3D untuk 

deteksi tumbuk. Berguna untuk objek dengan bentuk kompleks. Namun perlu diingat 

bahwa, bentuk mesh collider akan kompleks apabila pembuatan 3D juga memiliki struktur 

face yang teratur.

 

 gambar : unity 3D
 
 

  Material

 Material adalah informasi yang mengontrol penampilan visual dari sebuah objek di Unity. Ini termasuk warna, tekstur, dan propertinya. 

            Komponen Material:

1.   Albedo

Albedo merupakan warna daras atau tekstur dasar dari objek

2.   Specular

Specular adalah intensitas dan warna kilau pada permukaan objek

3.   Normal Map

Normal map menggambarkan detail permukaan menggunakan tekstur untuk memberikan ilusi kedalaman

4.   Emission

Emission merupakan area yang mengatur objek tampak seperti menyala

 

 

 gambar : unity 3D
 

 Animasi

 Animasi dalam pengembangan game adalah proses membuat objek atau karakter bergerak atau
berubah selama waktu.
 

Animasi di Unity:

1. Keyframe Animation adalah salah satu teknik animasi Menggunakan keyframe untuk mengatur posisi, rotasi, dan skala objek pada titik-titik waktu tertentu.

 Tampilan keyframe (bulatan biru) pada kolom Animation

2. Animator Controller berfungsi untuk menghubungkan animasi ke tingkat tinggi. Animator controller dapat menentukan transisi antara animasi berdasarkan kondisi

 Tampilan Animator controller yang membuat transisi antara animasi

3. Animator merupakan pengontrol animasi yang dipasang pad GameObject untuk memanggil animator controller yang sudah dibuat.

 

 Tampilan animator pada GameObject yang memanggil animator Controller

 
 

 

 

Comments